Berita Umumekonomi & bisnisInfo NusantaraInfotainmentInternasionalKulinerPeristiwa

Pembukaan Festival Pesona Kopi Agroforesty 2022 di Kementrian LHK RI

Seminar Pesona Kopi Agroforesty 2022 Berlangsung di Ruang Rumbawa Manggala Wanabakti.

JAKARTA , INDONESIAN NEW. COM –
Di Era zaman globalisasi kini Kementrian dari Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI ( KLHK) menggelar Festival Pesona Kopi Agroforestry di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta pada tanggal 25 – 27 Januari 2022.

Dimana sudah terbukti dalam pesona sendiri adalah Forum Perhutanan Sosial Nusantara yang berisi anggota kelompok kerja Perhutanan Sosial di seluruh Indonesia. Untuk Forum ini menjadi wadah bagi KLHK untuk menyampaikan kebijakan dan sekaligus forum belajar bersama para stakeholder dalam kegiatan isu Perhutanan Sosial.

Pembukaan acara pameran dan seminar di buka oleh Menteri Lungkungan Hidup dan Kehutanan RI Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. yang merupakan  Kabinet Kerja 2014 Р2019 dan terlihat hadir dari perwakilan daerah / Kabupaten penghasil kopi.

Di jelaskan Menteri Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. adalah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan¬† RI ,menjelaskan ,” Kita menilai pameran ini waktu yang tepat untuk di kembangkan di tanah air ini. Dan ” Dalam acara ini sangat bagus untuk berkolaborasi dengan pengusaha kopi yang ada di Indonesia, dan saya melihat tentunya tidak merusak hutan yang ada di Indonesia ” Kata Siti Nurbaya saat di wawancarai¬† Reporter Indonesian News.Com ,Selasa Pagi ( 25 /01/2022 ).

Inisiatif di Perhutanan sosial adalah program KLHK yang bertujuan memberikan akses legal kepada masyarakat untuk mengelola sumber daya hutan, serta kebijakan dari input yang terdata. Salah satu hasil hutan berupa produk yang dapat bersaing di pasar adalah kopi.

Bahkan baru-baru ini kopi hasil kegiatan perhutanan sosial yang ditanam dan dipelihara oleh petani kopi berhasil mendapatkan untuk kesepakatan kerjasama dengan perusahaan internasional dari Turki.

Sekarang saatnya produk dari petani mampu bersaing di pasar internasional dengan pendampingan dari KLHK khususnya Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL).

Festival Pesona Kopi yang digelar di gedung Manggala Wanabakti akan menyajikan berbagai kegiatan terkait dengan komoditi kopi hasil kegiatan perhutanan sosial.

Dalam acara tersebut di sisi waktu berlangsung Seminar Festival kopi Foresttry 2022 dengan tema ” gKUPS Challenge ” melalui Zoom vertual dan Offline langsung tatap muka di ruang Gedung Manggala Wanabakti Jakarta.

Menurut Irendra Rajawali selaku Kemitraan Indonesia Kementrai Lingkungan Hidup dan Kehutanan, mengatakan ” Kita mengajak kepada teman untuk sisikan waktu dalam pelibatan KUPS , ingin membuat menjadi contoh dalam konsep di program studi. Ini sesuatu yang sangat menarik untuk konsep KUPS untuk menggandeng tolak pikir berbagai kegiatan. Dengan ini dapat membantu akademis dalam konsep KUPS ini, ini sangatlah bagus untuk di kembangkan” kata Irendra Rajawali kepada Reporter Indonesian Newss, Selasa ( 25 / 01 / 2022).

Dalam acara tersebut turut di hadiri di antaranya Sekjen PSKL Erna Rosdiana ,Perwakilan Pokja PPS Sulawesi Selatan , Samsu Rizal, dan selaku Kemitraan Indonesia , Irendra Rajawali. Dalam Acara Go KUPS di sediakan tanya jawab untuk tamu undangan dan peserta Zoom yang di rumah .

 

( Jonathan Sigar )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button